Kamis, 06 September 2012

"KAMPUS & MAHASISWA BARU"

Hidup Mahasiswa!!!. Kata tersebut biasa terdengar dalam acara POEMA atau Pekan Orientasi Mahasiswa. Selamat datang mahasiswa baru Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Kami bahagia karena FPMIPA bertambah keluarga besarnya. Sekaranglah masanya mahasiswa baru menempuh kehidupan kampus setelah lulus dari bangku sekolah.
Kehidupan kampus dan mahasiswa sungguh berbeda dengan saat bersekolah. Bagaimana sih kehidupan kampus di IKIP PGRI Semarang? Sebagai mahasiswa baru pastinya masih beradaptasi dengan lingkungan dan kehidupan kampus. Ada beberapa hal yang menjadi perbedaan kehidupan kampus dan sekolah, dari tempat tinggal, seragam, akademik dan lingkungan pergaulan.
Mengenai tempat tinggal sebagian besar mahasiswa hidup di kost-kostan atau rumah kontrakan. Hal itu dikarenakan umumnya mahasiswa banyak yang dari luar kota atau perantauan. Rumah kost-kostan  dan kontrakan pun menjamur di sekitar kampus sehingga memudahkan mahasiswa untuk menjalani rutinitas di kampus.
Hal akademik di kampus juga berbeda dengan di sekolah. Dari SKS, KRS, KHS dan masih banyak istilah-istilah dalam hal akademik yang nantinya dapat diketahui mahasiswa seiring berjalannya perkuliahan. Sedangkan seragam di kampus terutama di IKIP PGRI Semarang sebenarnya tidak ada atau bebas asalkan rapi dan baju berkerah. Akan tetapi ada pengecualian untuk hari selasa dan rabu diwajibkan memakai pakaian atasan putih dan bawahan hitam kain.
Mengenai organisasi kampus yang biasa disebut ormawa atau organisasi kemahasiswaan di IKIP PGRI Semarang ada beberapa, yaitu himpunan mahasiswa jurusan (Hima), BEM Fakultas, dan UKM (unit kegiatan mahasiswa). Selain itu juga ada Lemawa (lembaga tinggi kemahasiswaan) yang terdiri dari BEM Institut, DPM dan LKM. Di FPMIPA sendiri terdiri dari 3 hima jurusan yaitu Himatika, Himafi dan Himabio. Dari Ormawa Lemawa tersebut diharapkan mahasiswa aktif dalam keorganisasian sebagai bekal kelak saat di masyarakat.
Lingkungan pergaulan mahasiswa juga perlu diperhatikan. Apalagi mahasiswa tidak hanya terdiri dari mahasiswa satu kota melainkan ada banyak mahasiswa perantauan dari berbagai kota. Hal tersebut menuntut kita untuk bisa bergaul dengan mereka tanpa membedakan dan selektif dalam memilih teman. Bila kita salah bergaul bukan tidak mungkin kita terjerumus dalam hal negatif. Apalagi bila kita jauh dari pantauan orang tua dan keluarga.
Semua hal di atas merupakan bagian dari kehidupan kampus. Sebagai mahasiswa baru sudah sepatutnya untuk terus semangat dan berusaha menempuh perkuliahan dan hidup mnjadi mahasiswa yang sukses, baik sukses dalam hal akademik, organisasi dan lingkungan pergaulan.

Oleh : ULIN NUHA (Wakil Ketua Umum BEM FPMIPA IKIP PGRI Smg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung yang baik meninggalkan pesan